PERHATIAN...mohon maaf bila pengunjung blog ini merasa risih karena blog saya ini sekarang fokus bisnis pembuatan skripsi web.

bila ada yang perlu ditanyakan perihal web skripsi, atau aplikasi program dengan php dan mysql yang saya buat..silahkan agan hub no berikut : 0711-7871653 via sms or call me. terima kasih

untuk ebook silahkan agan donasi pulsa sebesar 10 ribu ke no : 082175745563 untuk ebook ecommerce yang saya buat.

Dengan harga yang terjangkau dikantong anak kuliahan khususnya fakultas ilmu komputer

DOA KU

berharap rizki Allah datang dengan perantara agan pengunjung blog dengan iklas, sedianya mentransfer donasi ke rek berikut : 112-00-0983851-2 bank mandiri cab kantor pajak palembang atas nama : rm. agus rais. AMIN

Perbandingan MySQL dengan Oracle

Hmmm...tulisan ini agak berat lor...membanding kan dua raksasa database yang memang raja nya database, ngak usah panjang lebar lagi, langsung menuju ke tkp, sergap.

MySql :

1. soft ini di produksi oleh MySQL AB, namun yang saya kenal database ini sudah dikawinkan dengan php, dimana setiap versi php selalu ada mysql, kalau kamu cari produk mysql pasti tidak php, kenapa begitu jangan tanya saya.

2. Mysql bersifat open source, gretongan ? ya semua orang tau, dari gretongan ini lah yang membuat mysql sangat populer, dan pemakaian pada mysql bisa melalui dos dan browser phpmyadmin, kalau versi terbaru saat ini untuk GUI kamu pakai aja yang bernama MySQLYog.

3. Untuk tipe data dan pembahasan nya menggunakan bahasa SQL murni, tanpa ada bahasa yang lain, dan di dukung oleh kode API nya yang bisa terintegrasi dengan PHP, dan dari segi keamanan bisa di lacak dan di susupi, karena dari sekian buku yang saya baca mysql rentan terhadap kode - kode injection, kode dengan bahasa query itu sendiri.

4. Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti vb, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.

5. Mysql bila terjadi kesalahan dalam koneksi ke php maupun stand alone, menggunakan kode tersendiri dan mempunyai backup data berupa format notepad yang bisa di import dan export ulang, di sini mysql lebih unggul, sedang crash mysql tidak bisa menambah field data bila terjadi kekurangan field data, dan ini sudah diatasi pada mysqlyog fitur GUI.

Oracle :

Oracle database mempunyai fitur-fitur baru yang telah ditingkatkan dari versi Oracle 9i - 10g release 2, fitur itu yang di antaranya sebagai berikut:

1. Database Clusters, dengan menggunakan teknologi Real Application Clusters (RAC). Salah satu fungsi dari RAC adalah memberikan perlindungan terhadap kelangsungan data dalam perusahaan sehingga apabila terjadi crash pada salah satu server database, maka tidak akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Hal ini disebabkan karena teknologi RAC memungkinkan untuk membuat beberapa database server menjadi seolah-olah satu database server, sehingga apabila ada database server yang down, kinerja database server tersebut akan di-take over oleh server-server yang lain.

2. Row-Level Locking, fitur ini dapat melakukan lock tidak hanya pada table-level saha, akan tetapi dimungkinkan untuk melakukan lock lebih jauh lagi sampai pada row-level. Sehingga user-user dapat melakukan akses data dalam suatu tabel secara bersamaan, lebih cepat dan lebih akurat.

3. Data Partitioning, Oracle memungkinkan kita untuk melakukan partisi ke suatu tabel maupun indeks. Hal ini akan dapat meningkatkan kemampuan kita untuk dalam melakukan manajemen data.

4. Oracle OLAP (Integrated Online Analytical Processing), Oracle memiliki fungsi OLAP (yang sebelumnya hanya dapat kita temui pada OLAP database) yang terintegrasi dengan baik ke dalam relational database, sehingga kita tidak memerlukan database lain selain Oracle itu sendiri.

5. Oracle Data Mining & Data Warehousing, fitur ini memberikan kemudahan bagi perusahaan yang ingin men-develop aplikasi Business Intellegent yang bertujuan untuk membantu eksekutif perusahaan dalam menentuksan strategi perusahaan berdasarkan analisis data yang di-generate oleh Oracle Data Mining.

6. Virtual Private Database, fitur ini memberikan dan meningkatkan fleksibilitas jaminan security sampai pada row-level security. Hal ini akan membuat aplikasi kita menjadi semakin aman sewaktu kita melakukan transaksi melalui Internet.

7. Intelegent Self-Managing, untuk para DBA, fitur ini akan membuat proses database tuning dan database manajemen menjadi lebih mudah.

8. Flashback Query, fitur ini memungkinkan kita untuk melihat status data kita mundur beberapa waktu (flash back) sampai batas yang kita tentukan, sehingga apabila terjadi kesalahaan data pada waktu yang lalu, maka kita dapat melakukan koreksi tanpa harus melakukan database recovery.

untuk tabel perbandingan bisa kau download di sini :

aturi Download

sumber :
http://kramero.com/
http://hendrolim.wordpress.com/
http://asistenbasisdata.wordpress.com/

2 Response to "Perbandingan MySQL dengan Oracle"

Anonim mengatakan...

Saya agak kurang setuju kalo' Mysql tidak suport dengan bahasa pemrograman visual. sebab saya menggunakan Visual Foxpro dengan database Mysql dan saya sering juga ambil data dari server databse oracle.

Unknown mengatakan...

makasih kakak informasinya, :D

http://regacahya.blogspot.com

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme