PERHATIAN...mohon maaf bila pengunjung blog ini merasa risih karena blog saya ini sekarang fokus bisnis pembuatan skripsi web.

bila ada yang perlu ditanyakan perihal web skripsi, atau aplikasi program dengan php dan mysql yang saya buat..silahkan agan hub no berikut : 0711-7871653 via sms or call me. terima kasih

untuk ebook silahkan agan donasi pulsa sebesar 10 ribu ke no : 082175745563 untuk ebook ecommerce yang saya buat.

Dengan harga yang terjangkau dikantong anak kuliahan khususnya fakultas ilmu komputer

DOA KU

berharap rizki Allah datang dengan perantara agan pengunjung blog dengan iklas, sedianya mentransfer donasi ke rek berikut : 112-00-0983851-2 bank mandiri cab kantor pajak palembang atas nama : rm. agus rais. AMIN

Membuat Laporan Per Tanggal - Access

Materi belajar hari ini adalah membuat laporan yang nanti nya di masukan melalui form yakni dari tanggal mulai sampai tanggal akhir.

Per tanggal ini untuk mengetahui penjualan dari tanggal berapa ke tanggal berapa dengan jangkaun bulan yang telah ditentukan.

contoh :

tanggal mulai : 01/01/2008

tanggal akhir : 30/12/2008

maka ditampilkan seluruh laporan dari tanggal 1 bulan januari sampai tanggal 30 bulan desember 2008, dengan jarak satu tahun.

tanpa komando langsung ke tkp sergap :

1. kamu buka program microsoft access, buat database baru.

2. klik menu file pilih new, pada jendela new file klik blank database, tentukan folder dan drive penyimpanan database, pada file name kamu buat dbtgl saja, klik tombol create.

3. Pada jendela database, kita buat tabel dengan ketentuan sebagai berikut ini :
nama tabel : tjual
nama field type data
nota auto_number
tgl date/time
pelanggan text
kode text
barang text
harga number
jumlah number

untuk lebih jelas nya kamu lihat pada gambar berikut ini :
4. kamu buat query sumber nya dari tabel tjual yang telah dibuat, ambil seluruh field masukan ke dalam field query, lalu buat field baru total.
total : [harga] * [jumlah]

untuk lebih jelas nya kamu lihat pada gambar berikut :
5. Kamu buat form untuk menginput data penjualan barang nya, untuk pembuatan nya secara cepat saja dari objek tabel, klik tabel tjual, klik menu insert pilih autoform, tercipta dengan cepat, kamu simpan dengan nama fjual, lalu kamu isi datanya seperti gambar berikut ini :
bentuk form nya kamu modifikasi dengan menambahkan tombol navigasi record operation tambah data dan form navigation tutup form, untuk lebih jelas nya kamu bisa lihat seperti gambar berikut :
6. kamu buat laporan untuk laporan penjualan, klik objek report, klik create report by using wizard, klik design, pada source kamu pilih query klik qjual, klik tombol >> klik next, kamu grouping field dengan klik nota klik next, klik next, klik next kamu bebas memilih bentuk kalau saya pilih yang bold klik next, klik pilihan yang align justified 1 klik next, pada title buat laporan jual, klik finish.

maka tampilan nya seperti gambar berikut ini:
7. kembali ke objek form, buat form baru, dengan form ini lah kamu tentukan laporan pertanggal nya, lalu kamu masukan dua objek textbox, seperti pada gambar berikut ini:
pada design form kamu ubah properties pada kedua textbox, kamu ubah pada nilai bentuk format : shordate, dan input mask : shortdate, untuk lebih jelas nya kamu lihat pada gambar berikut :
kamu simpan form ini dengan nama : fjual_tgl.

8. setelah membuat form per tanggal, kembali ke objek query, kamu gandakan atau copi paste objek queery qjual menjadi qtgl, lalu pada field tgl dalam kotak masukan criteria kamu isi dengan kode seperti berikut ini :
>=[Forms]![fjual_tgl]![Text0] And <=[Forms]![fjual_tgl]![Text2] untuk lebih jelas nya kamu bisa lihat seperti gambar berikut : kamu simpan objek ini dengan nama : qtgl.

9. kembali ke pembuatan form untuk menampung masukan dari tanggal form yang telah dibuat, langkah nya sama seperti pada no 6, namun sumber nya kamu ambil dari qtgl, yang kamu grouping adalah field nota dan field tgl, selanjut nya kamu pilih sendiri seperti langkah no 6, bentuk rancangan seperti pada gambar berikut ini :
kamu modifikasi dengan menambahkan dua objek textbox seperti pembuatan form per tgl, kamu per lebar jarak antara garis page header dengan nota header (kalau tidak ada nota header berarti tidak di grouping), seperti pada gambar berikut ini :
kamu buat rumus untuk kedua textbox tersebut seperti ini :
untuk tanggal mulai =[forms]![fjual_tgl]![text0]
untuk tanggal akhir =[forms]![fjual_tgl]![text2]

kamu simpan dengan nama laporan per tgl.

10. kembali dalam objek form, kamu buka form fjual_tgl, kamu tambahkan objek tombol command button, maka tampil command buttond wizard, pada categories kamu pilih report operations, untuk actions kamu pilih preview reports, klik next pada what report do you would kamu pilih report laporan per tgl, klik tombol next, kamu bisa ganti dengan teks atau tidak, klik tombol finish maka pembuatan tombol untuk menampilkan report laporan per tanggal telah selesai, kamu bisa lihat seperti pada gambar berikut ini :

Selesai sudah latihan membuat laporan per tanggal sebagai bukti untuk keberhasilan nya kamu lihat pada gambar berikut ini :
setelah kamu masukan tanggal mulai 01/01/2008 dan tanggal akhir nya 31/12/2008, tekan tombol gambar report, maka hasil nya seperti berikut ini.


untuk lebih jelas nya kamu bisa download source nya Disini

8 Response to "Membuat Laporan Per Tanggal - Access"

Anonim mengatakan...

Wah.... Makasi ya...
artikel yang bagus dan sangat membantu....

Unknown mengatakan...

om link downloadnya gak bisa di acsess

Unknown mengatakan...

Thank ya udah sharing2 ilmunay

Adrian Rachmatullah mengatakan...

ini gak ada video nya yaa

Adrian Rachmatullah mengatakan...

Ini gak ada video nya

Adrian Rachmatullah mengatakan...

ini gak ada video nya

Unknown mengatakan...

linkny mati gan. mungkin bs diperbaiki

Unknown mengatakan...

thanks gan

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme