PERHATIAN...mohon maaf bila pengunjung blog ini merasa risih karena blog saya ini sekarang fokus bisnis pembuatan skripsi web.

bila ada yang perlu ditanyakan perihal web skripsi, atau aplikasi program dengan php dan mysql yang saya buat..silahkan agan hub no berikut : 0711-7871653 via sms or call me. terima kasih

untuk ebook silahkan agan donasi pulsa sebesar 10 ribu ke no : 082175745563 untuk ebook ecommerce yang saya buat.

Dengan harga yang terjangkau dikantong anak kuliahan khususnya fakultas ilmu komputer

DOA KU

berharap rizki Allah datang dengan perantara agan pengunjung blog dengan iklas, sedianya mentransfer donasi ke rek berikut : 112-00-0983851-2 bank mandiri cab kantor pajak palembang atas nama : rm. agus rais. AMIN

Antara HTML, PHP dan MySql

Saya sedang mencoba meramu sebuah teori 2 pemrograman yang memakai 1 database, ibarat kehidupan manusia, 1 istri dengan 2 suami, atau 1 suami dengan 2 istri, kenapa demikian saya ungkapkan begini penjelasan nya.

1. HTML

bahasa pemrograman web yang terdiri atas kode yang di sebut dengan tag, dan singkatan HTML adalah Hypertext Markup Language, yang sengaja dibuat oleh pembuat nya untuk menampilkan data dan informasi yang ditulis ke dalam dunia internet.

2. PHP

bahasa pemrograman web scripting, yang bisa di 2 jalur yakni client dan server.
client : hanya dinikmati oleh pengguna untuk melihat hasil nya saja.
server : tempat memproses data dan mengolah nya agar ditampilkan ke client, yang bersifat server hanya admin yang berhak mengobok-ngobok nya.
dan php sebagai pemroses bila dikawinkan dengan html, namun php berjenis hemaprodit, sedang kan html satu jenis saja.

3. MySQL
sifat nya sebagai media penyimpanan data, database web, dan dengan setia menunggu data yang telah diproses oleh kedua suaminya untuk disimpan ke dalam dirinya, dan kedua suami nya tersebut harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan sang istri ini, kenapa ?? karena si istri mempunyai kode koneksi tersendiri yakni menggunakan script mysql api, dengan kata lain mysql ini mempunyai hak veto dalam hal penyimpanan data bila script mysql api ini salah sedikit saja dan tidak diajak untuk memproses akan tampil pesan :

tidak bisa koneksi kedatabase lah.
mysql_num_rows is eror parse apalah
mysql_fetch_array eror not connection lah

Kesimpulan :

Fungsi HTML hanya sebagai pemberi informasi dan tampilan saja, kalau melihat pemrograman visual seperti visual basic, delphi, maupun c++, bahasa pemrograman tersebut sudah dilengkapi dengan GUI (grapik user interface), dimana user / programer bisa langsung berinteraksi dengan form yang sudah dilengkapi dengan toolbox / object untuk membuat program, sedang kan HTML mempunya tag sendiri yakni form seperti berikut :
<from method="post" action="#">


kalau dibuat dengan frontpage untuk objek form, selalu didampingi oleh tombol submit dan reset, maka untuk belajar pemrograman web harus memahami konsep form di HTML,

Bila sudah membuat form, untuk memproses nya harus bersahabat dengan PHP atau ASP, kalau di perhatikan yang lebih setia adalah PHP, maka dalam penggunaan " action " dalam pembuatan form memanggil file php, dan nama objek form seperti textbox, textarea akan dipanggil oleh php sebagai variabel, nah variabel html ini disesuaikan dengan nama field yang telah dibuat dalam database mysql, jika tidak sesuai atau tidak sama membuat html dan php, bingung kenapa ?? karena tidak sama contoh :

nama objek textbox name = nama
nama variabel di php adalah $nama
maka nama field dalam database juga nama

agar sinkron dan tidak membingungkan saja.

semoga tulisan ini bermanfaat, dan tidak membuat bingung yang membaca.

No Response to "Antara HTML, PHP dan MySql"

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme